Cara Ternak Kenari Untuk Pemula

Sebelum memulai beternak kenari sebaiknya mengetahui dasar-dasarnya terlebih dahulu Dalam beternak kenari ada beberapa hal yang harus diperhatikan yaitu dengan usia kenari, jenis kelamin, sarana penunjang ternak dan ilmu tentang ternak.

Usia Kenari

Usia menjadi hal penentu berhasil atau tidaknya dalam beternak kenari, usia yang terbaik dalam beternak adalah jangan terlalu muda atau jangan terlalu tua. Kenari siap ternak yaitu minimal 6 bulan untuk kenari betina

Dan 8 bulan untuk kenari jantan, tetapi untuk kenari besar seperti Yorkshire dan turunannya sedikit lambat birahi minimal usia 1 tahun.

Cara Meningkatkan Birahi Kenari

Makanan bergizi, seperti telor puyuh, vitamin
Mandikan dan Jemur kenari pada pagi hari untuk menjaga kesehatan dan mencegah stres
Selama dijemur dekatkan kedua kandang kenari jantan dan betina, supaya birahi kenari betina segera naik

Apabila Anda memiliki lebih dari satu pejantan bisa mencoba mendekatkan ke kenari betina untuk melihat bagaimana kecocokannya

Jenis Kelamin

Sebagai peternak harus menguasai Bibit ternak yang baik untuk Anda harus mencatat bahwa burung kenari harus sehat dan yang pasti untuk menjadi sepasang antara perempuan dan ada kenari karakteristik laki-laki maupun perempuan adalah sebagai berikut:

Ciri-ciri kenari jantan atau betina, dalam menentukan jenis kelamin kenari cukup sulit bagi pemula tetapi bagi para penghobi senior kawakan sangatlah mudah menentukannya mereka cukup melihat dari postur tubuh kenari walaupun dalam kasus tertentu Kadang-kadang ada kenari yang sangat sulit ditentukan jenis kelaminnya.

Adapun cirinya yang harus anda ketahui yaitu :

  1. Kenari jantan diusia muda umur 1,5 Bulan keatas sudah mulai belajar ngriwik.
  2. Ukuan tubuh,bodi jantan cenderung ramping (memanjang), leher agak panjang, jika betina bodi kelihatan agak bulat.
  3. Melihat alat kelamin jantan dan betina bila dilihat ( dengan cara bulu di sekitar bagian tiup yang tidak menghalangi) jika sebaliknya perempuan / berdiri tegak horisontal / vertikal untuk laki-laki
  4. Untuk dewasa kenari jantan memiliki suara yang sangat keras berbunyi nyaring dan ngeroll

Ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan untuk menumbuhkan kenari terutama untuk pemula,Berikut ini adalah beberapa faktor yang perlu diperhatikan:

Catatan Gender (lihat juga: Mengetahui Harga Kenari 

Kandang

Untuk membuat kandang Anda harus meletakkan di tempat yang jauh dari serangga pengganggu atau tikus juga mencoba untuk kandang sangakar atau kandang harus melekat pada dinding setiap kandang dan diberi penutup 
Bila anda ingin membuat kandang sendiri persiapkan alat dan bahan-bahanya terlebih dahulu:


Persiapan Alat        Dan              Persiapan Bahan
Meteran                                          Triplek ketebalan 1-2cm 1 lembar
Penggaris                                         Pahatan kayu
Gergaji,                                            Lem kayu
Paku,Kawat                                      Cat kayu
Tang                                                  Plamir
Amplas                                              Jeruji dari lidi (Bambu)

Cara Pembuatan

Potong triplek menjadi ukuran 90x45cm sejumlah 3 bagian untuk bagian atap, belakang, dan bawah sangkar

Potong lagi triplek menjadi ukuran 45x45cm sejumlah 3 bagian untuk sisi samping kanan, tengah, dan kiri sangkar kenari.

Sambungkan semua bagian potongan triplek tersebut menggunakan lem dan paku sehingga membentuk kotak dengan ukuran 90x45x45cm yang disekat bagian tengahnya sehingga menjadi 2 buah kotak ukuran 45x45x45cm.

Siapkan lidi dari bambu untuk membuat jeruji penutup bagian depan sangkar kenari dan beri lubang untuk pintu sangkar sesuai kreatifitas.

Lakukan finishing dengan kombinasi plamir dan cat agar warna sangkar lebih menarik dan bagus dipandang, lakukan penjemuran agar sangkar cepat kering dan tidak lagi beraroma cat.

Pasangan

Hal ini sangat penting karena agak sulit melakukannya dan kita harus menunggu sehingga burung dapat dipasangkan, Kesalahan yang sering dilakukan oleh para peternak pemula yaitu secara tergesa-gesa memasukkan kenari jantan dan betina pada satu kandang.dan ingin segera mendapatkan keturunannya.

Nahh hal ini yang mengakibatkan terjadinya kegagalan dalam menjodohkan kenari tersebut, karena belum tentu kenari yang kita pasangkan sudah cocok satu sama lain. tidak semua kenari langsung melakukan seks,menjodohkan kenari hampir sama dengan orang-orang yang membutuhkan PDKT pertama istilah pada orang-orang muda saat ini.

Untuk melakukan proses PDKT yang harus dilakukan adalah melatakkan sangkar jantan dan betina kenari dengan cara yang berdekatan membiarkan pasangan pertama mengenal

Ciri-ciri Burung Kenari Siap Ternak

ketika burung kenari jantan didekatkan pada kenari betina, maka pejantan akan mengejar-ngejar kenari betina dan akan menabrak kandang ternak burung kenari dengan suara yang keras.

bila kenari betina menjongkok sayapnya di lebarkan dan kepalanya menekuk, maka artinya betina itu mau untuk dikawini

kita bisa melihatnya Pada waktu sore hari ketika kita memperhatikannya akan terlihat kedua kenari jantan dan betina saling meloloh atau berciuman( posisi kedua kandang berdekatan )

Apabila burung kenari betina sudah mulai membangun sarang, sudah dipastikan betina siap untuk beternak.

Proses Ranch

Untuk memastikan bahwa proses ini telah benar-benar bahagia kenari terahadap pasangannya bisa dilihat pada saat tidur ketika kenari benar-benar menyukainya kenari akan tidur bersama dan terlihat malu ketika burung itu didekati.

Selanjutnya, dalam proses ini membuat sarang atau kandang burung selalu bersih begitu nyaman sehingga hewan dapat berjalan lancar.

Label: