Cara Budidaya Ikan Nila Di Kolam Terpal

Di Indonesia, ikan nila dikenal sebagai Ikan yang gurih lezat dan banyak proteinya.Nila pertama kali diperkenalkan diIndonesia pada tahun 1969 dari Taiwan. kemudian beberapa spesies juga diperkenalkan dari Thailand seperti (Nila Citralada), Filipina (Nila GIFT) dan Jepang (JICA Nila). 

Nila telah sangat populer dengan kehidupan para petani ikan lokal, karena mereka mudah untuk di budidayakan dan juga pertumbuhan yang cepat. Mayoritas produksi ikan nila berada di daerah Jawa Barat dan Sumatera Utara. Pada tahun 2006,Penerapan teknologi (Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi)

Pada waktu itu badan penelitian pemerintah Indonesia memperkenalkan spesies baru yang bernama "genetik supermale nila Indonesia" (GESIT).Ikan GESIT adalah rekayasa genetika untuk menetaskan telur yang akan menghasilkan 98% - 100% nila jantan. Hal ini akan menguntungkan bagi para petani ikan nila untuk pertanian dengan budidaya jenis(semua laki-laki) yang lebih produktif.Karena pertumbuhan ikan nila jantan 40% lebih cepat dari pada ikan nila betina.

Nila adalah jenis ikan air tawar dengan bentuk tubuh memanjang dan lateral dikompresi dan mempunyai warna putih juga hitam. Sejarah singkat ikan nila berasal dari sungai Nil dan danau sekitarnya. dan sekarang ikan ini telah menyebar ke negara-negara di seluruh iklim lima benua tropis dan subtropis. Sedangkan di daerah beriklim, ikan nila tidak dapat hidup dengan baik,ikan nila banyak disukai oleh negara indigo karena dagingnya bagus dan tebal seperti daging ikan kakap merah. 

Benih ikan yang diimpor ke Indonesia secara resmi oleh Air Tawar Perikanan Research Institute pada tahun 1969. setelah periode penelitian dan adaptasi, maka ikan tersebut didistribusikan kepada petani di seluruh Indonesia. Nila adalah nama khas Indonesia yang diberikan oleh Pemerintah melalui Direktur Jenderal perikanan Jenis ikan yang pertama kali masuk ke Indonesia adalah Jenis Oreochamis nilaticus dan nila jenis mossambique atau lebih dikenal dengan mujair.

Perkembangan jenis Nila


Persiapan Tempat Kolam Budidaya Ikan Nila rangka membangun Kolam Terpal Plastik dengan tertanam yaitu. 
Untuk jenis kolam ikan tertanam terpal yang tidak menggunakan kerangka, maka anda harus memeriksa dinding kolam tidak boleh ada benda tajam yang tertanam di tanah yang dapat menyebabkan kebocoran kolam.Jangan lupa untuk membersihkan terpal yang baru dibeli berulang kali sehingga bahan kimia hilang tapi tanpa menggunakan sabun sama sekali.ketika memasang kolam terpal pasti ada kelebihan di sudut-sudut,ingat jangan dilipat karna akan menjadi pertumbuhan bakteri. 

Mengikat setiap sisi terpal kolam menggunakan tali nilon dengan kuat agar tidak melorot. kenapa harus mengikat mati? supaya untuk menghindari kolam terlepas dari ikatan. Jangan lupa pada saat mengisi air, posisi kerapian terpal harus terus diawasi agar tidak bergeser, pengisian air berhenti setelah mencapai kedalaman 80-150cm,

Pastikan bahwa Anda bersedia untuk minum dari sumber air Anda sebelum Anda memberikannya kepada nila anda.masukan air baru ke dalam wadah pengalihan, untuk perawatan lebih lanjut,sebelum menambahkannya ke kolam anda.pastikan bahwa suhunya adalah sama seperti pada nila anda sebelumnya selain memastikan bahwa air yang baru diperkenalkan adalah cukup bersih bagi anda untuk di minum, dan pada suhu yang tepat, 

Anda perlu memastikan bahwa air bebas dari semua bahan kimia yang ditambahkan oleh otoritas air kota, terutama klorin. kendi galon, ketika anda mempertimbangkan bahwa anda hanya menambahkan satu tetes per galon air, untuk menghilangkan klorin, dan mengurangi toksisitas logam berat seperti tembaga, kadmium, merkuri, perak, seng, timah, nikel, mangan, dan natrium selenat, yang dapat hadir dalam pasokan air. Juga, jangan menganggap bahwa air kota diklorinasi akan kehilangan kandungan klorin pada sendiri dari waktu ke waktu. 

Hal ini terutama berlaku untuk kolam dalam terpal.bahkan jika anda tidak bisa mencium bau asap, hanya membutuhkan waktu jumlah jejak menyebabkan kematian luka bakar kimia untuk insang mereka, dan seluruh tubuh mereka. 

Penebaran Benih

Menebar benih ikan nila ukuran benih ikan yang di tebar biasanya berukuran antara 8-12 Cm atau dengan ukuran berat 30 Gram/Ekor dengan pada tebar sekitar 5-10 Ekor/M2. pemeliharaan ikan nila dilakukan selama 6 bulan atau hingga ukuran berat ikan nila sudah mencapai 400-600 Gram/Ekor.

Pakan Ikan Nila Yang Baik 

Makanan yang diberikan untuk Ikan nila selain makanan alami dapat diberikan makanan tambahan. yang diusahakan secara bersungguh-sungguh yaitu berupa dedak, ampas kelapa, pellet atau sisa-sisa makanan dapur.makanan nabati dan planton
  1. Pada dasarnya pemberian pakan terdiri dari:
  2. Memiliki protein 20-30%
  3. Memiliki memak 70% (maksimal.)
  4. Memiliki Karbohidrat 63 – 73%
Makanan Nabati yaitu jenis makanan yang di butuhkan oleh tubuh ikan,dan makanan nabati ini yang berupa tumbuh-tumbuhan seperti;sayuran,kangkung,daun talas,enceng gondok,dan daun pepaya itu semua bisa di berikan secara langsung kepada ikan

plankton adalah suatu organisme hewan yang hidup melayang-layang atau mengambang dalam air,plankton ini hanya hidup di perairan saja dan mempunyai kemampuan berenang yang terbatas, adapun contoh plankton yaitu : Artemia, calanus, cyclops,trigiopus, moina, brachionus, spirulina, isochrysis, tetraselmis, chorella, dan skeletonema

Penyakit Pan Pencegahan

Streptococcus adalah salah satu genus dari bakteri nonmotil yang mengandung sel gram positif, berbentuk bulat, oval dan membentuk rantai pendek, panjang atau berpasangan. Bakteri ini tidak membentuk spora. Bakteri ini dapat ditemukan di bagian mulut, usus manusia dan hewan

Salah satu penyakit yang paling signifikan dalam budaya nila di seluruh dunia, dan khususnya dalam sistem dalam kolam terpal, disebabkan oleh Streptococcus. Strain utama radang menginfeksi fasilitas akuakultur diduga menjadi Streptococcus iniae, meskipun jenis lainnya telah terlibat dan sedang dalam proses diidentifikasi. Hasil penyakit ini di tanda-tanda klinis umum hemoragik septikemia seperti:

Letargi, kelemahan, kehilangan nafsu makan, perubahan warna merah pada anus dan pangkal sirip, mata hemoragik, insang, organ, dan otot, cairan perut darah diwarnai, dan ginjal bengkak, limpa, dan hati.

Streptococcus memiliki tanda-tanda klinis tambahan termasuk spiral gerak menentu berenang, tubuh melengkung, opacity kornea dalam satu atau lebih mata, exopthalmia (mata menonjol), dan distensi abdomen.

Cara terbaik untuk menghindari penyakit tersebut adalah untuk membeli ikan bersih di tempat pertama. Seorang petani dapat mengurangi resiko nya penyakit dengan menerapkan metode sederhana sebagai berikut: 
Kita sering mengatakan bahwa pencegahan lebih baik daripada mengobati untuk penyakit virus dan bakteri.

Nila telah menjadi ikan bagian yang ketiga yang paling penting dalam budidaya ikan mas dan setelah salmon; produksi di seluruh dunia melebihi 1.500.000 metrik/ton pada tahun 2002 dan meningkat setiap tahun. Karena kandungan protein yang tinggi, ukuran besar, pertumbuhan yang cepat (6-7 bulan untuk tumbuh ke ukuran panen),dan palatabilitas,sejumlah tilapiine cichlids-khusus, berbagai spesies Oreochromis, Sarotherodon, dan nila-adalah usaha budidaya yang utama.

Panen

pemanenan ikan nila sudah dapat dilakukan setelah pemeliharaan mencapai umur 4 – 6 bulan. Ikan nila pada usia 4-6 bulan pemeliharaan akan memiliki berat yang bevariasi,yaitu antara 400-600 gram/ekor. Bila ukuran berat dari masing-masing ikan dirasa kurang maksimal, maka pemanenan bisa juga dilakukan dengan sistem bertahap, dimana hanya dipilih ukuran konsumsi (pasar). 

Pada tahap pertama pemanenan di lakukan dengan menggunakan jaring dan setiap bulan berikutnya secara bertahap Selama panen air segar perlu dialirkan ke dalam kolam untuk mencegah agar ikan tidak banyak yang stres/mati.

Label: