Cara Budidaya Buah Tin Yang Banyak Manfaat Untuk Kesehatan

Cara Budidaya Buah Tin Yang Banyak Manfaat Untuk Kesehatan

Cara Budidaya Buah Tin - Nama buah Tin mungki8n bagi banyak orang yang sudah tidak asing didengar, bagi umat muslim tentunya mengentahuinya karena di dalam Al-Quran terdapat surat dan ayat yang menjelaskan tentang buah Tin. Namun tidak sedikit orang yang memang jarang melihat bauh aslinya, ya memang di Indonesia masih hanya ada sedikit orang yang mencoba untuk mengembangbiakannya. 

Hal ini dikarenakan banyak yang berfikir sulit untuk mengembangbiakkannya atau sulit untuk mendapatkan bibit dari negara asalnya. Padahal buah Tin ini memiliki banyak manfaat yang berguna untuk kesehatan tubuh kita seperti menjaga dari tekanan darah tinggi dan bahkan serangan jantung coroner karena didalam buah Tin terkandung kalium omega tiga dan enam. 

Cara Budidaya Buah Tin

Selain itu buah Tin juga mampu untuk mengurangi dari resiko penyakit kanker porstat karena dalam buah Tin mengandung coumarin. Bagi mereka yang menderita atau ingin mencegah penyakit osteoporosis dan membantu untuk meningkatkan kepadatan pada tulang, dengan mengkonsumsi buah Tin juga sangat bermanfaat karena mangandung kalsium yang sangat tinggi dan bisa menggantikan asupan kalsium dari susu bagi mereka yang memang alergi terhadap susu. 

Cara Membudidayakan Buah Tin

Lalu bagaimana untuk kalian yang berminat untuk membudidayakan pohon tin ini ?? pertama dan menjadi salah satu cara budidaya yang paling mudah untuk penanaman pohon buah tin ini adalah dengan cara mencangkok. Media yang dibutuhkan dalam menanam pohon tin ini hanya berupa kompos dan juga tanah yang gembur. 

Jika memang tidak memiliki kompos atau sulit untuk mencarinya, kalian bisa menggantinya dengan menggunakan sabut kelapa yang justru dapat membuat hasil yang jauh lebih baik. Perbandingan dari kompos dan tanah gemburnya adalah satu banding satu. 

Langkah pertama dengan cara mengupas batang dan memotong daun yang terdapat di batangnya, lalu media yang sebelumnya telah dibungkus dengan plastik kemudian dilubangi sedikit saja dan tempelkanlah pada bagian batang tadi. 

Kemudian ikat dengan kencang pada bagian tersebut dan tunggulah sekita tiga minggu yang nantinya dalam bagian batang yang terbungkus plastik tersebut akan tumbuh akar. Jika sudah muali tumbuhan akar, sebaiknya cepat untuk dipotong lalu tanamlah di dalam polybag dan kemudian simpan di tempat yang teduh dan sejuk selama satu minggu. Jika sudah satu minggu pindahkanlah ke tempat yang panas karena pohon ini akan lebih baik tumbuh di tempat yang panas. 

Sebelumnya pindahkan terlebih dahulu pohon Tin tersebut dari polybag ke pot atau bidang tanah. Cara memindahkannya ke tanah juga cukup mudah cara tanamnya pertama lubangi dahulu tanah dengan ukuran sedang, biarkanlah terlebih dahulu terbuka hingga dua sampai tiga hari lamanya. Lalu setelah tiga hari berlangsung, campurlah tanah tersebut dengan kompos yang sudah dipersiapkan sebelumnya atau dengan menggunakan pupuk kandang lalu barulah pindahkan tanaman pohon Tin dari polybag. 

Perawatan Pohon Buah Tin

Untuk masalah perawatannya pun cukup mudah dan tidak terlalu susah untuk dilakukan, karena kalian hanya perlu menyiramnya setiap hari di pagi hari. Lebih baik dan ideal lagi jika tanaman pohon Tin ini disiram dengan campuran dari M-4, gula pasir dan air dengan perbandingan setengah botol dari M-4 setengah kilo gram gula pasir dan dua puluh liter dari air. 

Lalu setelah semuanya dicampurkan diamkanlah terlebih dahulu selama tiga hari lamanya dan jika sudah disimpan selama tiga hari barulah kalian bisa menggunakan campuran cairan tersebut untuk menyirami pohon Tin. Terakhir yang perlu diperhatikan dari teknik budidaya dan cara menanam pohon Tin ini sebaiknya dilakukan saat tidak panas terik yaitu padi pagi, sore hari atau pada saat cuaca sedang mendung. 

Semoga dengan adanya ulasan tersebut mengenai Cara Budidaya Buah Tin Yang Banyak Manfaat Untuk Kesehatan dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya,, sampai jumpa di postingan berikutnya. 

Baca Juga:



Label: