Cara Budidaya Bunga Melati Agar Cepat Berbunga

Cara Budidaya Bunga Melati Agar Cepat Berbunga

Cara Budidaya Bunga Melati - Bunga melati ialah salah satu jenis bunga yang cukup sering ditemui di pasaran. Peminat bunga ini cukup tinggi menjadikannya sebagai salah satu komoditi bisnis yang cukup menjanjikan. Ada banyak sekali varietas bunga melati yang bisa ditemukan saat ini.

Hingga saat ini diketahui ada sekitar 200 jenis bunga melati yang tersebar di daerah sub tropis dan tropis. Bunga melati juga dikenal sebagai salah satu bahan baku parfum. Selain itu, bunga melati juga dapat digunakan sebagai aksesoris dalam pernikahan atau cara adat dan sebagai bahan campuran teh. 

Cara Budidaya Bunga Melati

Pembibitan Bunga Melati

Bunga melati dapat dibudidayakan dengan teknik budidaya menggunakan stek. Pembibitan dapat dilakukan dengan menggunakan wadah semai atau polybag. Sedangkan untuk media semai dapat digunakan campuran antara tanah dan pasir steril. 

Jangan lupa untuk membuat lubang kecil pada wadah semai sebagai jalan untuk pembuangan air yang berlebihan. Penyiraman bibit dapat dilakukan 1 sampai 2 kali sehari dan bibit harus dirawat hingga berusia 3 bulan. 

Pengolahan Lahan Dan Penanaman

Setelah pembibitan, langkah selanjutnya dalam cara budidaya bunga melati ialah pengolahan lahan atau media tanam. Yang pertama harus dilakukan dalam persiapan lahan adalah membersihkan lahan dari gulma. Lalu lahan diolah dengan cara membajak atau mencangkul hingga tanah menjadi gembur. Langkah selanjutnya adalah pembentukan bedeng untuk menanam bunga melati.

Setelah bedeng terbentuk, perlu dilakukan pengapuran untuk menyeimbangkan pH tanah, kalian dapat menggunakan kapur kalsit, dolomite, kapur bakar atau kapur hidrat dalam proses ini. Selain pengapuran lahan, perlu juga dilakukan pempukan dalam tahap persiapan lahan. Pupuk yang digunakan adalah pupuk kandang dengan dosis 10-30 ton per hektar. 

Jika lahan telah siap, kalian dapat melakukan penanaman. Proses penanaman dimulai dengan membuat lubang tanam pada lahan yang telah disiapkan. Tiap lubang tanam dapat diisi dengan satu bibit bunga melati yang diambil dari polybag. Jarak tanam dapat bervariasi sesuai dengan varietas, kesuburan tanah, dan bentuk kultur budidaya. Jarak tanam umum yang bisa digunakan adalah 1 x 1,5 m per pohon. 

Pemeliharaan Dan Pemupukan

Selain cara tanam yang benar, kalian juga perlu memperhatikan proses pemeliharaan tanaman bunga melati yang dibudidayakan. Adapun jenis-jenis pemeliharaan yang perlu dilakukan ialah penyulaman tanaman, penyiangan, pemupukan, pengairan serta pemberantasan hama. 

Penyulaman merupakan bagian penting dalam cara menanam bunga melati dengan tujuan mengganti tanaman bunga melati yang mati dengan tanaman yang baru. Pada dasarnya teknik penyulaman hampir sama dengan teknik penanaman hanya saja teknik ini dilakukan pada lubang tanam yang mana bibitnya perlu diganti dnegan bibit baru. Penyulaman sebaiknya dilakukan kurang dari satu bulan setelah proses penanaman dengan tujuan untuk memudahkan proses pemeliharaan ke depannya. 

Proses penyiangan bertujuan untuk menjaga kebersihan lahan dari gulma. Pemupukan dapat dilakukan sebanyak tiga bulan sekali. Pupuk yang dapat digunakan antara lain KCl, Urea dan STP. Pengairan juga merupakan proses penting dalam perawatan tanaman bunga melati karena tanaman ini termasuk jenis tanaman yang sangat bergantung pada ketersediaan air. Untuk pemberantasan hama dapat dilakukan dengan menggunakan pestisida dan zat perangsang pertumbuhan. 

Semoga dengan adanya ulasan tersebut mengenai Cara Budidaya Bunga Melati Agar Cepat Berbunga dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya,, sampai jumpa di postingan berikutnya. 

Baca Juga:



Label: