Panduan Lengkap Cara Budidaya Ikan Louhan Bagi Pemula

Panduan Lengkap Cara Budidaya Ikan Louhan Bagi Pemula

Cara Budidaya Ikan Louhan - Dalam hal ikan louhan ialah salah satu jenis ikan hias yang pertama kali muncul di Negara Malaysia pada tahun 1997. Istilah ikan louhan itu sendiri berasal dari kata "hua louhan" yang berarti "dewi pelindung". 

Bagi masyarakat tertentu ikan louhan ini dipercaya sebagai pelindung bagi siapa saja yang memeliharanya. Kecantikan warna sisik dan keunikan bentuk dahinya membuat banyak orang yang menyukai ikan hias yang satu ini. 

Cara Budidaya Ikan Louhan

Satu hal yang pali unik dan fenomenal dari ikan louhan ini adalah sisiknya yang terkadang terdapat motif berupa huruf latin/mandarin/angka yang unik. Tak heran motif-motif unik ini dijadikan dasar kepercayaan bahwa ikan louhan ini tidak lain adalah ikan pembawa "hoki" bagi si pemiliknya.

Tahap Pemijahan Ikan Louhan

Step pertama yang perlu kalian lakukan ketika kalian akan melakukan budidaya ikan louhan adalah pemijahan ikan louhan. Kalian bisa menggunakan air sumur atau air PAM. Jika kalian menggunakan air sumur, sebaiknya endapkan terlebih dahulu selama 24 jam, sedangkan jika kalian menggunakan air PAM, sebaiknya kalian netralkan terlebih dahulu air PAM tersebut seperti kadar PH dan kadar klorinnya. 

Kemudian untuk media pemijahan, kalian bisa menggunakan aquarium atau pun kolam khusus yang sudah disterilisasikan, adapaun peralatan yang perlu kalian persiapkan untuk proses pemijahan antara lain, bak penampungan air, aerator, filter, alat penampung air, lampu UV, dan ornamen seperti bebatuan alami. 

Pengamatan Selama Masa Pemijahan

Kalian bisa menebarkan seekor benih ikan louhan betina yang berukuran kurang lebih 10 cm dan seekor benih ikan louhan jantan yang berukuran lebih besar. Sebelum kalian lakukan pemijahan, letakan sekat yang memisahkan kedua benih ikan louhan tersebut agar keduanya terbiasa dan saling mengenal. 

Jika benih ikan louhan betina sudah menunjukan tanda-tanda akan bertelur, lepaskan sekat pemisah aquarium/kolam. Amati tingkat laku kedua benih ikan louhan tersebut selama beberapa hari. Tetap biarkan keduanya bersama-sama jika keduanya menjaga telur-telur sang indukan. Sebaliknya jika keduanya berkelahi sebaiknya segera pisahkan dan gantikan pasangan indukan agar proses pemijahan tetap berlangsung. 

Media Pemeliharaan Ikan Louhan

Ikan louhan termasuk jenis ikan yang mudah dipelihara, kalian tidak perlu menggunakan teknik-teknik pemeliharaan khusus untuk memelihara ikan louhan kesukaan kalian. Untuk media pemeliharaan ikan louhan sebaiknya kalian gunakan aquarium dengan panjang 4 kali dari panjang tubuh ikan louhan kalian. 

Hal ini cukup penting untuk ruang gerak ikan louhan kalian, ikan louhan akan terpicu pertumbuhannya jika ruang geraknya luas. Kemudian sebaiknya kalian letakan aquarium kalian 80 cm diatas lantai agar ikan louhan kalian tidak mudah stres. 

Suhu Dan Ph Air Aquarium Ikan Louhan

Aquarium juga sebaiknya kalian lengkapi dengan lampu UV untuk memicu pertumbuhan kilat warna pada tubuh ikan louhan. Lampu UV tidak harus dinyalakan sepanjang hari karena jika dinyalakan sepanjang hari ikan louhan akan terangsang untuk terus bergerak tanpa istirahat. 

Kalian bisa tambahkan batu-batuan ke dalam aquarium kalian agar mirip dengan habitat asli ikan louhan. Jangan lupa untuk selalu mengecek kualitas air pada aquarium tempat ikan louhan kalian hidup. Perhatikan suhu air dan Ph air agar ikan louhan kalian tetap nyaman. Suhu air yang tepat untuk ikan louhan yaitu sekitar 32-35 derajat celcius sedangkan skala Ph yang baik untuk pertumbuhan ikan louhan yaitu berkisar 6,5-7,5. 

Pakan Ikan Louhan

Pakan ikan louhan terdapat dua jenis yaitu pakan buatan dan pakan alami. Pakan alami bisa berupa nyamuk, ulat jerman, cacing, udang dan kutu air, sedangkan pakan buatan berupa pelet yang mengandung protein tinggi, hormon ata pelet dan spirulina. 

Semoga dengan adanya ulasan tersebut mengenai Panduan Lengkap Cara Budidaya Ikan Louhan Bagi Pemula dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya,, sampai jumpa di postingan berikutnya. 

Baca Juga:


Label: