Cara Budidaya Kunyit Yang Memiliki Banyak Manfaat

Cara Budidaya Kunyit Yang Memiliki Banyak Manfaat 

Cara Budidaya Kunyit - Untuk saat sekarang ini jika kalian tidak memiliki usaha sampingan, maka kalian tidak akan bisa memenuhi kebutuhan keluarga. Ada berbagai usaha sampingan yang bisa kalia lakukan namun pada dasarnya usaha sampingan adalah sebuah usaha yang tidak mengganggu pekerjaan utama kalian. 

Dari sekian banyak usaha samping yang bisa kalian lakukan, bercocok tanam kunyit mungkin adalah usaha sampingan yang paling baik untuk kalian, khususnya jika kalian mempunyai lahan kosong disekitar rumah kalian. 

Cara Budidaya Kunyit

Harga kunyit baik kunyit kuning atau kunyit putih yang lumayan mahal bisa menambah pemasukan kedalam kocek kalian setiap minggunya. Untuk memulai usaha sampingan ini maka yang kalian perlukan hanyalah sedikit mengetahui teknik budidaya kunyit karena penanaman kunyit sangat mudah dan tidak memerlukan terlalu banyak perawatan. 

Cara Pembibitan Tanaman Kunyit

Cara budidaya tanaman kunyit tidak sesulit tanaman lain, tanaman kunyit merupakan tanaman semak yang mudah tumbuh dan tingginya bisa mencapai 100 cm, rimpang kunyit berwarna mulai jingga sampai kecoklatan dan daging rimpang berwarna merah jingga kekuning-kuningan. 

Cara budidaya kunyit sangat mudah syarat pertama yang harus dipenuhi adalah iklim. Kunyit akan tumbuh subur pada daerah dengan intensitas cahaya penuh atau sedang dan dengan curah hujan antara 1000-4000 mm/tahun. Kunyit tumbuh subur pada tanah dan jenis tanah yang paling cocok adalah tanah ringan dengan bahan organik yang tinggi dan tanah lempung berpasir yang tidak tergenang. 

Untuk mulai penanaman, siapkan bibit telebih dahulu. Bibit bisa dibuat dari pecahan rimpang yang sehat dan bersih dari penyakit dan kerikil. Rimpang di potong dengan ukuran 3-7 cm dan berat seragam "20-30 gram" setelah itu bekas potongan ditutup dengan abu dapur. 

Setelah itu bibit disemaikan dengan cara diangin-anginkan di tempat teduh selama 1-1,5 bulan dan disiram pagi dan sore hari. Setelah muncul mata tunas, maka pembibitan sudah selesai. Cara budidaya yang benar, bibit harus dipindahkan ke tempat persemain hingga mata tunas tumbuh 2-3 cm dan setelah itu penanaman pada lahan bisa dilakukan. 

Pengolahan Lahan Dan Penanaman Kunyit

Untuk lahan yang akan ditanami kunyit, maka pengolahan sederhana diperlukan. Pertama lahan dibersihkan dari daun, rumput dan hama pengganggu 30 hari sebelum penanaman dengan cara di cangkul dengan kedalaman 20-30 cm dan kemudian di biarkan terkena matahari selama 1-2 minggu agar hama penyakit dalam tanah mati dan gas berbahaya menguap. Selanjutnya buat bedengan dengan lebar 60-100 cm dan tinggi 25-45 cm dengan jarak antar bedengan 30-50 cm. Sebelum ditanami sebaiknya bedengan dipupuk dengan pupuk kandang yang sudah jadi dan dibiarkan 1 minggu. 

Teknik menanam kunyit pada lahan adalah kunyit dimasukan kedalam lubang berukuran 5-10 cm dengan mata tunas menghadap ketas. Penanaman sebaiknya dilakukan diawal musim hujan. Bibit ditutup tanah tapi jangan dipadatkan. Cara tanam yang demikian akan membuat kunyit cepat tumbuh daunnya dan akarnya juga cepat menyebar. 

Untuk mengetahui cara menanam kunyit yang benar, kalian bisa juga mencari informasi dari dinas pertanian. Penyuluh pertanian akan datang atas perminataan kalian jika ada banyak petani yang ingin mengetahui teknik menanam kunyit yang baik dan benar. 

Untuk hasil rimpang yang besar dan seragam, pemupukan, penyiraman serta penyiangan mutlak diperlukan. Pestisida tidak mutlak diperlukan kecuali kalian melihat ada serangan hama yang serius. Pemanenan dapat dilakukan setelah berumur 8-18 bulan dan masa panen bisa mencapai 8 bulan. Untuk pemanenan yang berkelanjutan,  jangan cabut batang kunyit namun cukup kalian korek disekitar batang untuk mengambil rimpang yang sudah besar. 

Semoga dengan adanya ulasan tersebut mengenai Cara Budidaya Kunyit Yang Memiliki Banyak Manfaat dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya,, sampai jumpa di postingan berikutnya. 

Baca Juga:



Label: