Cara Budidaya Tanaman Buncis Hasil Melimpah

Cara Budidaya Tanaman Buncis Hasil Melimpah

Cara Budidaya Tanaman Buncis - Kancang buncis ialah jenis sayuran yang senang tumbuh didaerah bersuhu dingin seperti dataran tinggi. Akan tetapi kacang buncis juga mudah beradaptasi dengan iklim atau lingkungan berbeda. Oleh karena itu di berbagai daerah, budidaya kacang buncis termasuk mudah dilakukan dan tidak membutuhkan perawatan yang rumit. 

Untuk ditanah air sendiri dalam budidaya kacang buncis juga sudah meluas. Ada 2 jenis tanaman kacang buncis yakni tipe yang tegak dan tipe merambat. Pada golongan tipe kacang buncis yang tegak bisa tumbuh setinggi 70 cm. Sedangkan pada jenis kacang buncis tipe merambat bisa tumbuh hingga setinggi mencapai 3 meter, para petani kerap memakai tiang untuk tonggak atau tiang panjat. 

Cara Budidaya Tanaman Buncis

Cara Budidaya Buncis Pada Musim Kemarau

Budidaya kacang buncis di musim kemarau, bedengan sebaiknya jangan terlalu tinggi. Karena bisa mengakibatkan tanah akan lebih kering, lebih baik bedengan di buat lebih rendah agar bisa mendapatkan resapan air dan terjaga kelembapan tanah. Usahakan agar air hujan tidak sampai menggenang hingga merendam bagian akar tanaman karena kurang baik untuk pertumbuhan kacang buncis. 

Cara Budidaya Buncis Pada Musim Hujan

Mengantisipasi curah hujan yang tinggi di musim penghujan, saat budidaya kacang buncis gunakan mulsa plastik serta buat bedengan dengan ketinggian yang lebih. Tanaman buncis tidak suka dengan air yang menggenang, sementara air hujan yang cukup deras tanpa drainase yang memadai berpotensi menggenang atau merendam bagian akar. Bahkan terkadang juga membuat tanah lembap atau becek. Oleh karena itu penggunaan mulsa plastik cukup penting agar kestabilan kelembapan tanag tetap terjaga. 

Cara Budidaya Buncis Dari Segi Penanaman

Adapun cara budidaya buncis dari segi penanaman sebagai berikut:
Usahakan agar jarak tanam pada lubang berukuran:

Cara Budidaya Buncis Dari Segi Pemasangan Tiang Panjat

Pada jenis kacang buncis merambat, dibutuhkan pemasangan tiang panjat atau yang lebih dikenal dengan lanjaran/ajir. Tiang panjat sebaiknya sudah disiapkan sebelum penanaman. Sehingga apabila tanaman kacang buncis sudah mulai merambat tiang panjat sudah siap ditancapkan. Tiang panjat ini memakai kayu, bambu atau pipa dengan tinggi sekitar 0,5-1 meter, dalam 1 lubang terdapat 1 tiang panjat. 

Semoga dengan adanya ulasan tersebut mengenai Cara Budidaya Tanaman Buncis Hasil Melimpah dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya,, sampai jumpa di postingan berikutnya. 

Baca Juga:



Label: