Teknik Sederhana Budidaya Mangga Manalagi Yang Efektif

Teknik Sederhana Budidaya Mangga Manalagi Yang Efektif

Budidaya Mangga Manalagi - Dalam hal ini cara budidaya mangga manalagi sudah lama diminati banyak pecinta mangga. Jenis mangga manalagi ini adalah salah satu yang paling terkenal karena mudah didapat dan buahnya pun sangat diminati pembeli. Untuk itu cara budidaya buah mangga manalagi banyak dipelajari oleh mereka yang memang ingin menekuni peruntungan dalam bisnis penjualan buah mangga manalagi. 

Budidaya buah mangga manalagi sangat perlu untuk dipelajari agar bisa memberikan hasil yang optimal saat panen. Namun kenyataannya sampai saat ini produksi buah mangga manalagi masih belum bisa memenuhi permintaan pasar apalagi pasar Internasional. Hal ini membuat pembudidayaan mangga manalagi sangat membutuhkan keseriusan dari mulai pemilihan tanah, bibit, sampai akhirnya bisa dipanen dan dijual jika memang kalian memiliki lahan yang luas. 

Budidaya Mangga Manalagi

Banyak hal yang harus dipersiapkan untuk bercocok tanam buah mangga manalagi ini. Keseriusan dan juga konsistensi ialah syarat utama guna mendapatkan hasil yang maksimal. Hal ini penting dan pastinya kalian bisa menghasilkan yang terbaik. Nah berikut ini adalah rentetan hal penting mengenai teknik budidaya mangga yang harus dipelajari. 

Siapkan Lahan Untuk Penanaman Buah Mangga

Mungkin kalian berpikir hal ini tidak terlalu penting, tapi sebenarnya inilah hal pertama yang harus kalian perhatikan dan ini tentu akan sangat berpengaruh terhadap kesuksesan dalam penanaman buah mangga manalagi. Lahan yang baik bisa dipilih dengan kriteria tanah yang gembur dengan pH 5-6. Area lahan juga harus memiliki pengairan yang baik serta memiliki masa kering sekitar 4 bulan karena ini akan berpengaruh terhadap kualitas mangga. 

Untuk menanamkan bibit, dua bulan sebelum tanam, lubang tanam harus sudah dibuat dengan ukuran 1x1 m dan jarak tanam per bibit ialah 6x8 m. Lalu tanah galian kembali dimasukkan dua minggu sebelum pelaksanaan tanam dilakukan. Akan lebih efektif jika dicampur dengan pupuk kandang dengan rasio 1:1. Ingat proses ini sangat penting dan akan berpengaruh terhadap hasil buah mangga nantinya. 

Persiapkan Penanaman

Bibit buah mangga manalagi haruslah bibit yang unggul karena ini akan mempengaruhi hasil panen nantinya. Bibit mangga bisa didapatkan di berbagai penjual dan pastikan mereka terpercaya dan bisa memberikan kalian bibit yang memang menghasilkan buah yang baik, serta juga tahan lama. Bibit yang bagus memang harganya berbeda atau dalam hal ini kita bisa menyebutnya lebih mahal, namun tentu hasilnya akan sangat berbeda. Kalian juga bisa belajar tentang cara pembibitan buah mangga. 

Untuk cara tanam sendiri, buah mangga ini bibitnya biasanya ada didalam polybag dan kalian perlu mengeluarkannya dari kantong tersebut. Hal tersebut merupakan teknik menanam yang perlu kalian ketahui. Lalu kedalaman tanah ialah sekitar 15-20 cm tepat diatas leher akar. Usahakan tekan kearah tanaman karena ini akan mencegah bibit roboh. Posisi tanaman agak miring ke arah barat dan selanjutnya bisa dikurangi sedikit. Tips mengenai menanam tanaman pohon mangga ini sangatlah penting. 

Setelah penanaman dengan cara menanam yang benar selesai, pemupukan adalah hal yang penting untuk dilakukan karena tentu bibit pohon mangga tersebut membutuhkan nutrisi yang mencukupi. Pupuk kandang ialah pilihan terbaik dan diberikan pada awal musim hujan satu kali. Caranya ialah dengan membenamkan pupuk pada sekitar pohon dengan ukuran selebar tajuk tanaman. Kalian juga bisa menggali lubang tanaman pada bagian sisinya. Untuk pohon mangga berumur 1-5 tahun akan membutuhkan 30 kg pupuk kandang dan begitu juga kelipatannya. 

Penggunaan pupuk Super Nasa sangat diperlukan untuk menginduksi bunga yakni merangsang pembungaan. Dosis yang diberikan biasanya ialah 1-2 sendok pupuk yang dicampur dalam 10 liter air dan disiramlan secara merata untuk per pohon. Pemupukan ini sangat penting untuk mempertahankan kondisi pohon. 

Perhatikan juga masalah hama dan kenali gejala-gejala yang ditumbulkan sehingga bisa diatasi sejak dini dengan obat yang tepat atau solusi lainnya. Hama bisa merusak bibit pohon mangga kalian dan bisa juga berpengaruh terhadap produksi nantinya dimana ini merupakan hal yang sangat krusial jika lahan kalian luas, ini merupakan salah satu jenis perawatan yang harus dilakukan. 

Panen Buah Mangga

Panen buah mangga tentu menjadi sebuah hal yang sangat penting dan special bagi pecinta buah mangga. Buah mangga tersebut sudah siap untuk dipetik ketika kulit buah mangga manalagi yang tadinya berwarna hijau muda berubah menjadi hijau. Buah mangga sudah siap dikonsumsi dan jika akan di jual ke luar daerah, maka dipetik sebelum benar-benar masak karena akan diedarkan beberapa hari setelah dipetik agar bisa pas dinikmati. 

Semoga dengan adanya ulasan tersebut mengenai Teknik Sederhana Budidaya Mangga Manalagi Yang Efektif dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya,, sampai jumpa di postingan berikutnya. 

Baca Juga:



Label: