Cara Budidaya Ikan Guppy Prospek Yang Menjanjikan

Cara Budidaya Ikan Guppy Prospek Yang Menjanjikan

Cara Budidaya Ikan Guppy - Dalam membudidayakan ikanb hias bisa menjadi satu mata pencaharian yang dapat menghasilkan pendapatan yang lumayan. Ini karena potensi pasar ikan hias di Indonesia sangat bagus. Banyak sekali orang yang memiliki akuarium dan mengisinya dengan berbagai ikan hias menarik sebagai salah satu alat untuk hiburan ataupun refreshing. Salah satu ikan hias yang kini sedang sangat digemari yakni ikan guppy. 

Cara Budidaya Ikan Guppy

Cara Pembibitan Ikan Guppy

Selain membeli bibit-bibit yang telah siap dibesarkan, kita bisa melakukan proses pembibitan sendiri dengan memasangkan induk ikan guppy jantan dan betina yang berkualitas. Untuk mengetahui yang mana induk jantan dan yang mana induk betina maka kita bisa melihat ciri-ciri tubuhnya. Ciri-ciri induk jantan yakni mempunyai benjolan di bagian belakang sirip perutnya, warnanya lebih cerah, tubuhnya lebih ramping, kepalanya lebih besar dan sirip punggungnya lebih panjang. 

Sedangkan induk ikan guppy betina memiliki ciri-ciri yakni tidak mempunyai benjolan di bagian belakang sirip perutnya, warnanya kurang cerah, bentuk tubuhnya lebih gemuk, bentuk kepala agak runcing dan sirip punggungnya biasa saja. Jika kita telah mempunyai setidaknya dua indukan, jantan dan betina yang baik maka kita bisa melakukan proses pembibitan sendiri tanpa harus membeli. Caranya memang sedikit rumit, akan tetapi akan mudah dipahami jika kita telah mempelajari teknik beternak ikan guppy dengan baik. 

Proses pembibitan akan dapat berjalan dengan optimal jika keadaan lingkungan mendukung. Oleh karena itu kita perlu membuat kondisi lingkungan kondusif untuk proses tersebut. Kita bisa menggunakan kolam-kolam pemijahan yang diisi air bersih dengan suhu air yang berkisar di antara 15 sampai dengan 27 derajat celcius. Selain itu sirkulasi air dan persediaan oksigen didalam air juga harus bagus. 

Selanjutnya proses pembibitan atau pemijahan ikan guppy cukup sederhana. Indukan-indukan kita masukan jadi satu ke kolam atau tempat pemijahan yang telah disediakan. Selanjutnya kita harus terus mengontrolnya hingga kita temukan beberapa bibit ikan guppy. Jika sudah begitu maka kita harus langsung memindahkan mereka ke kolam atau akuarium sendiri agar tidak dimakan langsung memindahkan mereka ke kolam atau akuarium sendiri agar tidak dimakan oleh induk-induknya. 

Proses Pemeliharaan Bibit Dan Pembesaran Ikan

Setelah dipindahkan anak-anak ataupun bibit-bibit ikan guppy tidak perlu diberi makan karena mereka masih penyimpan cadangan makanannya. Setelah sekitar 4 hari baru kita mulai memberi mereka pakan berupa kuning telur rebus yang dihancurkan ataupun kutu air yang telah disaring terlebih dahulu. Pakan bisa kita ganti dengan cacing setelah ikan mencapai ukuran panjang 2 atau 3 cm supaya kebutuhan nutrisi mereka tetap tercukupi. 

Kemudian ketika ikan sudah mencapai panjang 5 atau 7 cm maka kita bisa memberikan pakan cuk agar pertumbuhan ikan semakin baik. Kemudian untuk makanan tambahan kita juga bisa memberikan cacing kering ataupun agar-agar. 

Semoga dengan adanya ulasan tersebut mengenai Cara Budidaya Ikan Guppy Prospek Yang Menjanjikan dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya,, sampai jumpa dipostingan berikutnya. 

Baca Juga:



Label: