Peluang Bisnis, Cara Beternak Walet Bagi Pemula

Peluang Bisnis, Cara Beternak Walet Bagi Pemula 

Cara Beternak Walet - Burung walet merupakan salah satu jenis burung liar yang didomestikasikan dengan cara menempatkan sarang atau kandang di suatu tempat yang menyerupai habitat aslinya. Burung walet juga ialah salah burung yang memiliki manfaat yang sangat banyak sehingga banyak di cari dan di ternak oleh banyak orang. 

Banyaknya orang yang mencari sehingga banyak pera peternak ingin ternakkan burung tersebut, dikarenakan burung tersebut memiliki harga jual yang cukup tinggi. Salah satu yang membuat harga mahal dari burung tersebut ialah air liur yang dapat dimanfaatkan untuk apapun, terutamanya untuk obat yang mengatasi berbagai penyakit. Bila kalian masih pemula atau sudah mahir ada beberapa cara sukses ternak walet dengan mudah yang harus diketahui ialah sebagai berikut:

Cara Beternak Walet

Cara Ternak Walet Dengan Mudah

Adapun cara ternak walet yang diantaranya yaitu:

Persiapan Kandang "Bangunan Rumah Walet"

Pada umumnya burung walet di budidayakan di gedung yang memiliki ukuran cukup tinggi dan luas, kandang tersebut bisa berukuran 10 x 15 cm atau 10 x 20 cm. Pada kandang dan rumah walet juga diberi lubang dengan ukuran 20 x 20 cm atau 20 x 35 cm dengan jumlah lubang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi gedung. 

Pembibitan Walet

Pembibitan ini dilakukan dengan cara alami yaitu dengan memanggilnya menggunakan tape recorder dengan suara walet yang dapat dilakukan pada sore hari yaitu jam 4-6, sebelumnya di letakan terlebih dahulu telur agar menetas yang bisa didapatkan dari peternak lain. 

Perawatan Walet

Walet yang baru menetas, harus dilakukan perawatan dan sebaiknya berikan alat pemanas sehingga tidak mudah terserang penyakit dan mati. Berilah pakan walet berupa pelet atau kroto dan lakukan perawatan hingga baik. Pemberian pakan bisa dilakukan 2 kali dalam sehari atau 3 kali dalam sehari. 
Setelah anakan berumur 10 hari lebih, pindahkan anakan tersebut didalam kotak atau kandang dan berikan alat pemans serta lakukan pemeliharaan dengan baik hingga berumur 1-2 bulan. 

Pemeliharaan Kandang 

Pemeliharaan kandang memang harus dilakukan untuk menjaga kebersihan dan menghindari terkena penyakit berbahaya yang akan menyerang walet. Pemeliharaan kandang berupa membersihkan kandang dengan teratur, membuang kotoran yang masih menempel dan menggantikan kotak atau sangat yang tidak layak pakai. 

Pemanenan Walet

Pemanenan walet dapat dilakukan 2x, 3x atau 4x dalam setahun, pemanenan walet dapat dilakukan dengan 3 cara yaitu:
Semoga dengan adanya ulasan tersebut mengenai Peluang Bisnis, Cara Beternak Walet Bagi Pemula dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya,, sampai jumpa dipostingan berikutnya. 

Baca Juga:



Label: