Cara Mudah Stek Tanaman Buah Agar Hasil Melimpah

Cara Mudah Stek Tanaman Buah Agar Hasil Melimpah

Cara Stek Tanaman Buah - Dalam hal ini bercocok tanam ialah sebuah hobi yang cukup menarik seperti saat mereka melakukan cara menanam buah kelengkeng, banyak orang memiliki hobi ini bukan hanya karena ingin mendapatkan udara yang sejuk di sekitar ruamhnya namun juga untuk menenangkan pikiran mereka. Dalam bercocok tanam ada berbagai pilihan jenis tanaman yang bisa menjadi alternatif pilihan seperti tanaman jenis bunga-bungaan yang selain menyejukan, ini juga dapat menghias rumah ataupun pekarangan. 

Namun banyak juga orang yang lebih memilih untuk bercocok tanam pohon buah-buahan. Bercocok tanam tidak hanya dilakukan dengan menanam pohonnya, adakalanya menanam tanaman buah-buahan dapat dilakukan dengan cara stek. Untuk hal ini stek sendiri ialah salah satu jenis metode reproduksi tanaman dengan menggunakan potongan tubuh tanaman seperti batang, daun dan akar, hal ini dapat terjadi karena pada tiap bagian tubuh tanaman cenderung bersifat totipotensi. Sifat ini dapat diartikan bahwa setiap sel jaringan tumbuhan dapat membelah dan tumbuh menjadi berbagai macam sel.

Cara Stek Tanaman Buah

Dan jika kalian memilih menanam pohon buah dengan cara stek berbeda seperti bagaimana cara menanam buah mentimun maka adapun beberapa kelebihan yang kalian dapatkan dari pada kalian memanannya langsung dari benih atau bibit. Selain lebih praktis dan cepat bebuah, metode stek ini tidak perlu memakan banyak energi dan biaya mahal, kalian juga tidak perlu menyiapkan lahan tanam yang luas. 

Kelebihan Dari Metode Stek Tanaman Buah

Adapun kelebihan dari metode stek tanaman buah ini yaitu:
Banyaknya keuntungan yang dapat diperoleh dari melakukan metode stek pada tanaman buah membuat metode ini paling banyak digemari. Adapun cara stek tanaman buah serta penjelasan yang lebih detail atau rinci agar kalian bisa mempraktekkannya dengan benar dan sukses dalam panen. 

Kerat Ranting Tanaman Buah

Untuk cara stek kerat berbeda dengan cara menanam biasanya dilakukan pada tanaman buah yang memiliki ukuran cabang dengan ukuran besar dan berkulit pohon agak tebal seperti pohon mangga, kelengkeng, rambutan dan masih banyak lagi dan berikut ini cara stek tanaman buah dengan stek kerat yaitu:

Potong Bibit Stek

Setelah kalian melakukan kerat ranting atau cabang tanaman buah, tahap ini merupakan tahap awal yang tidak boleh terlewatkan. Setelah tahap awal kalian lakukan dengan benar, maka langkah selanjutnya ialah:

Pemberian Hormon

Sebelum akan melakukan pemberian hormone sebaiknya kalian memperhatikan lamanya waktu pertumbuhan akar pada bibit stek. Pemberian hormone dilakukan jika bibit stek kalian memiliki waktu yang cukup lama dalam proses pembentukan akar. Untuk pemberian hormone sendiri ada dua cara yaitu dengan cara dicelup dan talek, nah berikut ialah langkah secara detailnya yaitu:

Penanaman Stek Tanaman Buah

Berbeda jika kalian melakukan dalam menanam dengan cara stek sebelum melakukan langkah akhir dari cara stek tanaman buah, ada pula langkah yang harus dilakukan terlebih dahulu yakni menyiapkan media perakaran terlebih dahulu ketika akar pada bibit stek mulai tumbuh. 

Untuk media perakaran kalian dapat menggunakan pasir yang sudah dicampur lumut berjenis spaghnum sebelumnya atau kalian juga bisa menggunakan peat dan untuk medianya sendiri pastikanlah bahwa media perakaran memiliki pH dengan kisaran 5-7 ini sangat baik untuk pertumbuhan akar tanaman buah. Setelah itu maka kalian baru bisa menanamnya dengan langkah:
Itulah cara stek tanaman buah yang mudah dan dapat kalian lakukan di rumah selain menyetek tanaman dengan 1 jenis tanaman buah yang sama ada pula cara menyetek tanaman buah yang lain jenis. Teknik ini biasanya disebut teknik enten atau grafting yang merupakan teknik stek dengan menggabungkan tanaman yang memiliki jenis lain sehingga dapat menjadi tanaman yang utuh pada tanaman tersebut. 

Tips Mudah Menyetek Tanaman

Cara demikian ini juga banyak sekali dimanfaatkan untuk menanam tanaman buah. Sehingga dalam satu pohon saja, kalian bisa dapat memperoleh 2 jenis buah yang berbeda saat panen. Untuk lebih jelasnya berikut ini ialah langkah-langkah mudah dalam melakukannya:
Semoga dengan adanya ulasan tersebut mengenai Cara Mudah Stek Tanaman Buah Agar Hasil Melimpah dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya,, sampai jumpa dipostingan berikutnya.

Baca Juga:



Label: