7 + Cara Budidaya Ikan Air Tawar Kolam Terpal Bagi Pemula

7 + Cara Budidaya Ikan Air Tawar Kolam Terpal Bagi Pemula

Budidaya Ikan Air Tawar - Dalam hal ini kolam terpal dinilai praktis dan meminimalisir biaya untuk pembuatan kolam dibanding kolam beton. Alternatif penggunaan terpal, peternak dapat menggunakan baligho bekas dengan keadaan yang masih baik. Persiapan budidaya harus dilakukan secara matang agar panen yang dihasilkan sesuai dengan harapan. 

Cara budidaya ikan air tawar kolam terpal tidak jauh berbeda dengan budidaya ikan air tawar pada umumnya. Ada banyak pilihan ikan yang dapat dibudidayakan dalam kolam terpal diantaranya ikan lele, ikan nila, ikan gabus, ikan mas dan lain-lain. 

Cara Budidaya Ikan Air Tawar Kolam Terpal

Keuletan dan ketelatenan budidaya ikan sangat dibutuhkan karena akan berpengaruh pada hasil panen ikan. Untuk cara membudidayakan ikan dalam kolam terpal pemula sebaiknya peternak benar-benar memahami jenis ikan apa yang dibudidayakan agar penyediaan pakan serta lahan ideal untuk jenis ikan tersebut. 

Langkah-Langkah Budidaya Ikan Air Tawar Di Kolam Terpal

Cara budidaya ikan air tawar kolam terpal di terapkan pada lahan dengan air dan luas terbatas yang dapat meminimalisir biaya perawatan ikan air tawar. Banyak peternak ikan pemula yang melakukan budidaya menggunakan kolam terpal. 

Persiapan Alat Dan Bahan

Adapun cara persiapan alat dan bahan yang diantaranya yaitu:

Persiapan Lahan

Adapun persiapan lahan yang diantaranya yaitu:

Persiapan Bibit Ikan

Adapun persiapan bibit ikan yang diantaranya yaitu:
Jenis ikan disesuaikan dengan karakteristik wilayah dan jenis air yang akan digunakan dalam budidaya. Di kolam terpal cukup mudah diterapkan pada daerah dataran rendah. 

Pembuatan Kolam Terpal

Adapun pembuatan kolam dengan batas dari kayu dan besi harus dibuat lubang sehingga sirkulasi air masuk dan keluar dapat berjalan dengan baik. 

Persiapan Kolam Ikan Air Tawar

Adapun persiapan kolam ikan air tawar yang diantaranya yaitu:

Penebaran Benih Ikan Air Tawar Kolam Terpal

Adapun penebaran benih ikan tawar kolam terpal yaitu:

Pemanenan Ikan Dari Kolam Terpal

Peternak harus menentukan panen yang akan dilakukan sebagian atau menyeluruh. Pemilihan tersebut dapat berdasarkan bobot ikan maupun kebutuhan pasar akan jenis ikan yang dibudidayakan. Ikan yang diangkat menggunakan air kemudian bobot ikan tidak memenuhi syarat sebaiknya dipisahkan terlebih dahulu, hal tersebut karena dikhawatirkan adanya luka pada ikan. Ikan-ikan yang tidak sesuai kriteria dan terkena jaring sebaiknya diberi obat malachite grin 0,5-1,0 ppm selama 1 jam untuk mengobati luka. 

Semoga dengan adanya ulasan tersebut mengenai 7 + Cara Budidaya Ikan Air Tawar Kolam Terpal Bagi Pemula dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya,, sampai jumpa dipostingan berikutnya. 

Baca Juga:



Label: