4 + Cara Mudah Budidaya Jamur Kuping Bagi Pemula

4 + Cara Mudah Budidaya Jamur Kuping Bagi Pemula

Budidaya Jamur Kuping - Nah bagi kalian yang sangat suka memasak ataupun bagi sebagian besar orang Indonesia pastinya tahu dnegan salah satu jenis bahan makanan ini. Banyak sekali orang yang menjualnya di pasar dan laku keras. Yaitu jamur kuping jamur ini bisanya dimanfaatkan orang untuk bahan pelengkap masakan seperti soup. 

Namun tidak jarang juga yang membuat berbagai inovasi menu masakan dari jamur kuping. Rasanya yang kenyal hampir menyerupai jeli namun sedikit renyah membuatnya menjadi jamur yang selalu laris di pasar. 

Cara Budidaya Jamur Kuping

Tidak hanya itu aja, cara pengolahan serta harga yang ekonomis juga menjadi daya tariknya sendiri. Secara ilmiah jamur kuping atau Auricularia auricular merupakan jenis jamur yang masih satu kelompok dengan tanaman jenis jelly-jellyan karena teksturnya memang menyerupai jelly yang unik. 

Untuk penamaannya sendiri jamur kuping memiliki nama yang unik karena memang bentuknya yang mirip dengan telinga manusia. Jamur kuping sendiri pertumbuhannya melebar dengan bentuk jamur yang memiliki lengkungan-lengkungan dan lipatan-lipatan. Selain rasanya yang enak, jamur kuping juga memiliki kandungan gizi yang baik bagi tubuh kalian. 

Kandungan Gizi Jamur Kuping

Adapun kandungan gizi jamur kuping yang diantaranya yaitu:
Dengan adanya kandungan gizi diatas maka jamur kuping sangat baik bagi kesehatan kalian. Selain itu kalian juga bisa mendapatkan banyak keuntungan seperti membudidayakannya dan menjadikannya sebagai peluang bisnis kalian. 

Cara Budidaya Jamur Kuping

Nah bagi kalian yang tertarik dengan usaha tersebut, berikut ialah cara budidaya jamur kuping yang mudah dan praktis. 

Media Budidaya Jamur Kuping

Nah bagi kalian yang ingin membudidayakan jamur kuping berbeda jika kalian melakukan, hal pertama yang harus kalian perhatikan dalam cara budidaya jamur kuping yaitu pembuatan media tanam. Namun sebelumnya akan lebih baik jika kalian memperhatikan lokasi budidaya terlebih dahulu. Lokasi yang baik merupakan lokasi yang memiliki sedikit penyinaran dan memiliki suhu kurang lebih sekitar 25 derajat celcius dan 28 derajat celcius kemudian kalian bisa mulai membuat media budidayanya: 

Bibit Jamur Kuping

Setelah media siap berbeda jikan kalian juga harus menyediakan bibit jamur kuping. Untuk mendapatkannya sangatlah mudah kalian tidak perlu harus mencarinya ataupun membuatnya sendiri. Nah berikut penjelasan singkatnya dibawah ini:

Penyemaian Bibit

Setelah semua siap berbeda, langkah selanjutnya dalam cara budidaya jamur kuping yakni penyemaian atau biasanya disebut dengan inokulasi jamur kuping. Dalam melakukannya kalian tidak bisa sembarangan langsung menyemaikan bibit jamur. Ada proses yang tepat agar jamur kuping kalian bisa tumbuh optimal:

Perawatan Dan Panen Jamur Kuping

Adapun cara merawat jamur kuping yang berbeda, dalam cara budidaya jamur kuping untuk perawatannya pun tidak susah. Kalian hanya perlu memperhatikan pertumbuhannya dengan baik. Untuk lebih jelasnya berikut cara merawat jamur kuping hingga masa panen tiba:
Semoga dengan adanya ulasan tersebut mengenai 4 + Cara Mudah Budidaya Jamur Kuping Bagi Pemula dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya,, sampai jumpa dipostingan berikutnya. 

Baca Juga:



Label: