4 + Cara Mudah Menanam Hidroponik Dengan Media Air

4 + Cara Mudah Menanam Hidroponik Dengan Media Air 

Cara Menanam Hidroponik - Dalam hal ini banyak sekali media yang bisa digunakan untuk menanam dengan teknik hidroponik. Hidroponik sendiri sebenarnya sudah dikembangkan sejak lama, bahkan bangsa lain sudah menggunakannya sebelum tahun 2000. Jepang sangat dikenal dengan sistem pertanian hidroponik nomor satu di dunia, terkait setelah beberapa daerahnya terkena bom nuklir. Tanahnya yang rusah dan tidak dapat ditanami dengan apapun menjadi salah satu faktor utama mengapa jepang mengembangkan sistem hidroponik. 

Dan seiring dengan berkembangnya waktu, sistem ini tidak hanya dikembangkan di jepang saja. Sudah banyak sekali Negara yang mengembangkan sistem hidroponik dengan cara yang berbeda-beda, termasuk Indonesia. Untuk media yang digunakan juga berbeda pula, ada berbagai macam media hidroponik yang dapat digunakan mulai dari barang-barang bekas hingga barang bernilai beli tinggi. Dalam pengertiannya sendiri hidroponik ialah salah satu sistem menanam tumbuhan dengan menggunakan air.

 Cara Menanam Hidroponik Dengan Media Air

Selain menggunakan air ada juga beberapa media pelengkap lainnya seperti arang, batu bata dan masih banyak lagi. Namun ada cara menanam hidroponik dengan media air tanpa bahan pelengkap apapun. Ini sangat mudah, menguntungkan dan tidak perlu menghabiskan banyak sekali biaya. Kalian hanya perlu menyiapkan bahan-bahan yang pasti sudah ada di sekitar kalian. Selain itu banyak sekali kelebihan yang akan kalian dapatkan, adapun kelebihan sistem hidroponik sebagai berikut:

Kelebihan Sistem Hidroponik

Adapun kelebihan sistem hidroponik yang diantaranya yaitu:
Dengan banykanya kelebihan dari sistem hidroponik menggunakan media air diatas, sistem hidroponik bisa kalian jadikan sebagai salah satu alternatif sistem tanam kalian. Bagi kalian yang memiliki kegemaran bercocok tanam kalian akan mendapatkan banyak sekali kelebihan terutama jika kalian menanam sayur dan buah, kalian akan mendapatkan banyak sekali  keuntungan. 

Cara Menanam Hidroponik Dengan Media Air

Dan bagi kalian yang penasaran dengan sistem hidroponik air, berikut ini kami sampaikan cara menanam hidroponik dengan media air secara jelas mudah sederhana yaitu:

Persiapan Menanam Hidroponik Dengan Media Air

Hal yang harus kalian lakukan untuk pertama kalinya dalam melakukan cara menanam hidroponik dengan media air yakni persiapan. Untuk persiapannya sendiri kalian hanya perlu menyiapkan alat dan bahan serta memilih lokasi yang tepat dan berikut ini penjelasannya: 

Media Hidroponik Dengan Media Air

Menggunakan cara menanam hidroponik dengan media air merupakan salah satu cara menanam tanaman hidroponik dengan mengalirkan air secara terus menerus ke seluruh tanaman dengan cara menyentuhkan sumbu pada rockwool ke aliran tersebut, untuk lebih jelasnya berikut ulasannya:

Penanaman Bibit Pada Media Hidroponik Dengan Media Air

Untuk langkah selanjutnya dalam cara menanam hidroponik dengan media air yakni melakukan penanaman, untuk melakukan proses penanaman kalian harus menyediakan benih ataupun bibit tanaman yang siap ditanam, dan berikut ini penjelasanya:

Perawatan Tanaman Dengan Media Air

Adapun untuk cara merawat tanaman dalam cara menanam hidroponik dengan media air yang harus diperhatikan, untuk perawatannya yang mudah dan hemat, berikut ini penjelasan singkatnya:
Semoga dengan adanya ulasan tersebut mengenai 4 + Cara Mudah Menanam Hidroponik Dengan Media Air dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya,, sampai jumpa di postingan berikutnya. 

Baca Juga: