Panduan Lengkap 4 + Cara Budidaya Gurame Di Kolam Beton Dan Tipsnya

Panduan Lengkap 4 + Cara Budidaya Gurame Di Kolam Beton Dan Tipsnya

Cara Budidaya Gurame Di Kolam Beton - Dalam hal ini gurami atau gurame mempunyai nama latin Osphronemus goramy. Gurame merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang sangat digemari. Ikan ini sangat populer sebagai ikan konsumsi yang berasal dari Asia terutama Asia Tenggara dan Asia Selatan, ikan gurame memiliki bentuk tubuh pipih dan melebar. 

Ciri khas ikan ini memiliki moncong runcing ketika masih muda, akibat dari sangat digemari sebagai ikan yang dikonsumsi membuat permintaan pasar pada ikan ini sangat besar. Ikan jenis ini banyak dicari oleh restoran dan banyak tempat makan di berbagai daerah. Hal tersebut yang membuat peluang budidaya gurame menjadi lebih besar. Gurame ialah salah satu jenis ikan yang memiliki harga bibit murah, gurame juga merupakan ikan yang menjadi favorit ibu-ibu untuk memasak. 

Cara Budidaya Gurame Di Kolam Beton

Dalam hal ini ikan gurame tidak mengandung banyak duri sehingga enak dan mudah untuk disantap. Cara budidaya gurame, dapat dilakukan pada kolam terpal, kolam tembok, dan kolam tanah. Kolam yang digunakan untuk budidaya ialah kolam sederhana sesuai dengan budget yang dimiliki oleh peternak, peternakan ikan dapat sangat menguntungkan. 

Ada banyak cara untuk mempercepat pertumbuhan dan perkembangan ikan gurame. Nah berikut ini budidaya ikan gurame bagi pemula yang memiliki kemiripan seperti budidaya ikan mas di kolam beton serta cara perawatan agar cepat dapat dipanen. Cara budidaya gurame di kolam beton cukup mudah dengan lahan dan kontruksi kolam serta nutrisi yang mempercepat pertumbuhan sehingga lebih cepat panen. 

Penyediaan Lahan Dan Kontruksi Kolam

Jenis tempat budidaya gurame salah satunya dengan menggunakan kolam tembok, kolam beton dibuat dengan campuran semen. Kolam alternatif dapat menggunakan tanah, terpal dan dapat juga keramba jaring apung jika berada di dekat sumber air. 

Lokasi kolam untuk cara budidaya ikan gurame pemula dapat dilakukan dengan ukuran 5 m x 10 m. Ukuran ini ialah ukuran ideal untuk budidaya. 

Penebaran Ikan Gurame

Penebaran ikan dilakukan setelah persiapan kolam selesai dilakukan yaitu:

Proses Perawatan Ikan Gurame

Perawatan gurame menurut para peternak terbilang mudah namun harus penuh dengan ketekunan dan ketalatenan. Peternak yang mengharapkan hasil panen terbaik membutuhkan usaha yang lebih agar ikan dapat tumbuh sehat dan bernilai jual tinggi. 

Panen Ikan Gurame

Pada masa panen sebaiknya peternak mengetahui keadaaan dan kebutuhan pasar, hal ini akan memudahkan peternak untuk memperkirakan kapan waktu panen terbaik, strategi dalam masa panen menjadi acuan kapan panen terbaik dengan harga terbaik. 

Tips Budidaya Ikan Gurame

Berikut ini ialah tips dari cara budidaya gurame di kolam beton yaitu:
Semoga dengan adanya ulasan tersebut mengenai Panduan Lengkap 4 + Cara Budidaya Gurame Di Kolam Beton Dan Tipsnya dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya,, sampai jumpa dipostingan berikutnya. 

Baca Juga:




Label: