8 + Cara Mudah Menanam Bonsai Bagi Pemula

8 + Cara Mudah Menanam Bonsai Bagi Pemula 

Cara Menanam Bonsai - Dalam hal ini bonsai pada dasarnya ialah sebuah teknik yang digunakan untuk membuat tanaman lebih menarik, yang sehingga akan membuat tanaman lebih banyak disukai oleh banyak orang. Bonsai ini ialah salah satu tanaman yang tergolong relative mahal ialah bagian dari cara untuk menciptakan potensi bisnis dari tanaman hias itu sendiri.

Cara Menanam Bonsai

Dan selain itu tanaman bonsai ini tidaklah terbatas hanya satu jenis golongan saja. Tetapi dapat digunakan untuk semua jenis tanaman yang mempunyai waktu hidup yang cukup panjang. Pada umumnya ialah tanaman bonsai ini ialah tanaman yang menggunakan kayu, tetapi beberapa dari tumbuhan lainnya juga dapat dijadikan bonsai. 

Kriteria Tanaman Yang Dapat Dibuat Bonsai

Bakalan bonsai ialah sebutan untuk tanaman yang dapat digunakan untuk tanaman bonsai. Biasanya bakalan dari bonsai itu sendiri ialah tanaman yang diambil dari alam maupun dari pengembangbiakan baik menggunakan biji, cangkok, setek ataupun enten. 

Apapun asalnya bakalan bonsai yang dimaksud ialah harus memiliki karakteristik-karakteristik yang harus dimiliki untuk tanaman bonsai. Apabila memiliki karakteristik dari tanaman itu sendiri, maka tanaman tersebut dapat digunakan untuk dijadikan bonsai yang tergolong sempurna. Biasanya tanaman yang dapat dijadikan bonsai ialah tipe tanaman yang memiliki beberapa karakteristik sebagai berikut:
Pada dasarnya setiap tanaman dapat dijadikan bonsai tetapi harus memiliki ketekunan dan ketelatenan untuk menciptakannya menjadi tanaman hias. Nah oleh dari itu maka kita dapat menjelaskan penjelasan dibawah ini untuk mengetahui bagaimana cara melakukan teknik bonsai pada tanaman itu sendiri. 

Tahap Pemilihan Bibit

Pada dasarnya bibit yang akan digunakan untuk pembuatan bonsai atau bakal dari bonsai ini dapat langsung dilakukan dengan pemilihan tanaman yang akan digunakan sebagai bonsai. Sebagai contoh harus memiliki cabang yang  kemudian pada nantinya cabang tersebut wajib mendapatkan perlakuan khusus seperti dililit kawat, dipoting dan di kreasikan sedemikian rupa agar menjadi tanaman bonsai. 

Selain itu, teknik pembuatan bibit dari tanaman bonsai sendiri disemaikan dengan menggunakan penyemaian yang ada di alam terbuka, cangkok yang akan diperlukan keterampilan, okulasi serta bongkahan dari tanaman yang bertunas dan terlihat dapat untuk bertahan hidup. 

Semai Bakal Bonsai

Mendapatkan bibit bonsai dapat dilakukan dengan cara melakukan penyemaian yang dapat dilakukan sendiri, meskipun dianggap tidak efisien, karena proses dari penyemaian akan memakan proses yang tergolong cukup lama. 

Media Tanam

Karena bonsai ditanam pada pot yang kecil maka dari itu media tanam yang digunakan untuk menanam bonsai sangat terbatas. Hal ini akan menyebabkan bonsai memiliki sedikit nutrisi yang akan didapatkan serta sensitive terhadap air yang digunakan untuk penyiraman. Oleh karena itu media tanam yang digunakan akan dipilih sedemikian rupa agar nutrisi serta air dapat tersalurkan secara baik menuju bonsai, media tanam yang dapat digunakan ialah:

Teknik Penanaman Bonsai

Terdapat tiga teknik menanam bonsai yakni penyetekan, pencangkokan, serta pembuatan okulasi. Dalam pembuatan bibit tanaman bonsai itu sendiri dapat dilakukan dengan cara setek dan cangkok yang kemudian akan menciptakan tanaman baru yang tergolong dalam jangka waktu yang terbilang sebentar "1-2 bulan". 

Pembuatan okulasi juga terbilang lama yakni membutuhkan waktu sekitar 1 tahun, stek yang digunakan untuk bonsai ini biasanya stek lunak, stek keras dan stek daun. Dalam proses pencangkokan, pilihlah dahan yang seukuran sebesar pensil atau ibu jari, selain itu kulitnya juga mudah dilepas. Cara menanam bonsai dengan teknik cangkok yaitu:

Cara Menanam Bonsai

Pertama kali tanaman bonsai dipilih berdasarkan tanaman yang memiliki batang induk yang kuat dan kemudian akan dilakukan proses pemindahan menuju pot. Kemudian bentuklah tanaman dengan menggunakan kawat, sesuai dengan yang kalian sukai. Secara rutin periksalah ranting dan cabang yang tumbuh pada tanaman agar dapat dibentuk. 

Cara menanam bonsai bagi pemula selanjutnya ialah pemilihan dari tanah itu sendiri, karena mulai dari media tanam itu sendiri bagaimana cara kita dapat menahan pertumbuhan dari batang, ranting serta dahan. Pilihlah tanah yang memiliki kandungan humus yang sedikit serta jagalah agar kelembaban tanah tersebut tetap stabil, jangan biarkan air menggenang pada satu tempat. Hal yang perlu diperhatikan dalam cara menanam bonsai yaitu:

Teknik Pembentukan Bonsai

Proses pembentukan ialah membentuk kembali tanaman yang berada di alam bebas dengan mempertahankan struktur tumbuhannya, prosesnya ialah sebagai berikut:

Pemeliharaan Tanaman Bonsai

Setelah melakukan penanaman siramlah bakal bonsai dan tanah dengan alat sprayer yang halus, air yang digunakan harus bersih, tidak berlumpur dan tawar. Apabila air kelur dari lubang air, hentikan proses penyiraman. Letakkan bakal bonsai pada posisi dimana tidak terkena banyak angin teduh serta gangguan dari luar lainnya. 

Penyempurnaan Tanaman Bonsai

Karena pada dasarnya tidak semuanya dapat dijadikan bonsai, tanaman yang dapat dijadikan bonsai ialah tanaman beringin, jeruk dan delima. Proses menyempurnakan bonsai ialah proses menyusun ranting dan daun agar telihat seimbang dan menarik. Proses ini dilakukan dengan cara memetik titik tumbuh serta pemangkasan pada bakal bonsai. Proses pemangkasan biasanya dilakukan dengan cara memangkas dahan atau ranting yang tumbuh sedekat mungkin dengan ujung agar lukanya tertutup dengan sehat. 

Semoga dengan adanya ulasan tersebut mengenai 8 + Cara Mudah Menanam Bonsai Bagi Pemula dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya,, sampai jumpa dipostingan berikutnya.

Baca Juga:


Label: