5 + Cara Mudah Menanam Bunga Pucuk Merah Dengan Stek

5 + Cara Mudah Menanam Bunga Pucuk Merah Dengan Stek

Cara Menanam Bunga Pucuk Merah - Nah dalam menanam bunga pucuk merah bisa menjadi salah satu cara dalam menambah koleksi tanaman hias yang kalian miliki. Tanaman yang satu ini dinamai bunga pucuk merah bukan karena memiliki bunga yang berwarna merah, namun karena daun pada bagian pucuk tanaman memiliki warna yang merah. 

Tentunya warna ini berbeda dengan warna daun bagian bawah yang tetap berwarna hijau, hal inilah yang menyebabkan tanaman ini cukup unik. Karena itulah mengapa tanaman ini banyak diminati dan diburu oleh para peminatnya. 

Cara Menanam Bunga Pucuk Merah

Bunga pucuk merah "Syzygium oleana" merupakan tanaman hias daun yang banyak ditanam di halaman rumah atau taman Tanaman yang satu ini merupakan tanaman yang sangat cocok tumbuh di daerah beriklim tropis seperti Indonesia. Meskipun belum sepopuler anthurium namun tanaman ini sangat gampang dan sering kita jumpai. Potensi pasar inilah yang membuat tanaman ini banyak menjadi pilihan untuk dibudidayakan. 

Bunga pucuk merah merupakan jenis tanaman perdu yang mudah dalam hal perawatan dan pemeliharaannya. Menanam bunga pucuk merah juga bisa dilakukan di lahan ataupun di pot yang terpenting ialah tanaman ini terpapar sinar matahari langsung. Bagaimana?? penasaran untuk di coba menanamnya sendiri di rumah, nah berikut ini 5 cara menanam bunga pucuk merah dengan stek, simak pemaparan selengkapnya dibawah ini. 

Menyiapkan Bahan Tanam Stek Bunga Pucuk Merah

Sebenarnya bunga pucuk merah ini dapat juga di tanam melalui biji namun karena tingkat keberhasilannya relatif rendah, maka pilihan menanam melalui stek merupakan cara yang paling tepat. Selain itu juga cara ini merupakan cara tanam yang paling praktis sederhana mudah dan murah. Langkah awal dalam menanam bunga pucuk merah tentu ialah menyiapkan bahan stek berikut tahapan lengkapnya. 

Persiapan Media Tanam

Sebelum bahan stek siap, sebaiknya media tanam disiapkan satu minggu sebelumnya agar lebih mudah dalam menyiapkannya, maka ikuti langkah-langkah berikut ini:

Menanam Bahan Stek

Setelah media dan bahan stek siap maka tahap selanjutnya ialah melakukan penanaman. Sebaiknya penanaman dilakukan pada pagi hari atau menjelang sore hari, usahakan cuaca tidak terlalu terik. Untuk tahapan menanam bunga pucuk merah dengan stek berikut ini langkah-langkahnya:
Jadi kalian bisa melakukan cara menanam bunga pucuk merah dengan stek dengan mudah. 

Replanting Bibit Stek Ke Lahan Tanam

Replanting atau pindah tanam dapat dilakukan saat tanaman bunga pucuk merah telah siap dipindah tanamkan tentunya berbeda. Pada usia 1,5-2 bulan merupakan usia ideal bagi bibit stek untuk dipindah kelapangan, berikut tahapan transplanting yang bisa menjadi panduan bagi kalian. 

Pemeliharaan Dan Perawatan

Seperti yang telah dibahas sebelumnya tanaman bunga pucuk merah relatif mudah dalam pemeliharaan dan perawatannya, hanya terdapat beberapa hal yang perlu kalian perhatikan yaitu: 

Penyiraman 

Sama seperti jenis tanaman hias lain tanaman bunga pucuk merah juga harus disiram secara rutin. Penyiraman dilakukan minimal 2 kali dalam sehari atau tergantung pada kondisi cuaca. Jika cuaca kering maka sebaiknya intensitas penyiraman dan volumenya di tambah. Sebaiknya jika kondisi hujan, kalian tidak perlu menyiramnya kembali. 

Pemupukan

Pemupukan pada tanaman ini dapat menggunakan pupuk organik dan dikombinasikan dengan pupuk kimia. Kalian bisa menggunakan pupuk NPK yang diberikan setiap 2 bulan sekali. Taburkan pupuk pada bagian tajuk tanaman dengan jarak 2-3 cm dari perakaran. Sedangkan untuk pupuk organik kalian bisa menggunakan pupuk kandang yang ditambahkan pada sekitar perakaran tanaman. 

Pemangkasan

Pemangkasan berfungsi untuk merangsang pembentukan daun muda. Daun muda inilah yang kemudian berwarna merah. Oleh karena itu pemangkasan daun harus dilakukan secara rutin. Hal yang paling penting ialah untuk menghasilkan pucuk daun berwarna merah ialah sinar matahari yang penuh. Sehingga lakukan pemangkasan pada area yang terpapar cahaya matahari langsung, pemangkasan minimal dilakukan setiap tiga bulan sekali. 

Semoga dengan adanya ulasan tersebut mengenai 5 + Cara Mudah Menanam Bunga Pucuk Merah Dengan Stek dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya,, sampai jumpa dipostingan berikutnya. 

Baca Juga:



Label: