Peluang Usaha Perbanyakan Pisang Cavendish

Peluang Usaha Perbanyakan Pisang Cavendish

Peluang Usaha Perbanyakan Pisang Cavendish - Pisang Cavendish merupakan jenis tanaman pisang konsumsi yang dapat tumbuh di iklim subtropis dan tropis termaksud di Indonesia,sekilas pisang cavendish memiliki kemiripan dengan pisang ambon asli tanaman lokal di Indonesia. 

Rasa manis, daging buah yang lembuh, berwarna putih sedikit kekuningan dan kaya vitamin, mineral, karbohidrat, tepung dan serat menjadikan pisang cavendish begitu sangat komersial dan mendapat tempat dihati pencinta buah, karena kaya akan manfaat untuk kesehatan.

Peluang Usaha Perbanyakan Pisang Cavendish

Pisang Cavendish memiliki ciri-ciri yang khas seperti bentuk morfologi dengan tinggi batang nya bisa mencapai 2.5-3 meter,memiliki panjang tandan yang bisa mencapai 60-100 cm,dengan rata-rata berat tandan bisa mencapai 15-30 kg,yang setiap sisir nya bisa berisi 12-22 buah,dan pembudidayaan pisang cavendish membutuhkan waktu panen 12-13 bulan lamanya. 

Pisang Cavendish dapat tumbuh di iklim tropis dan subtropis,dengan ketinggian 800-1200 dpl,menginginkan curah hujan 200-500 dengan 2 bulan masa kering,suhu optimum pertumbuhan antara 27-30 derajat celcius,toleran dengan pH 4.5-7.5, tumbuh optimal dengan jenis tanah kaya humus dan liat berpasir.

Peluang Perbanyakan Pisang Cavendish

Dewasa ini tidak sulit untuk mendapatkan bibit pisang Cavendish, di lampung khususnya yang menjadi icon kota buah tangan (oleh-oleh )dari tanaman pisang,yang kini sedikit demi sedikit masyarakat nya telah membudidayakan pisang jenis konsumsi tersebut,tidak sulit untuk mendapatkan bibit atau anakan pisang cavendish di lampung. 

Kini telah menjamur lapak atau tempat-tempat pembibitan perbanyakan yang dijual bibit pisang Cavendish dengan harga yang ekonomis sehingga dapat di tanam dibelakang pekarangan rumah dan budidayakan dalam luasan tertentu. Sekilas perbanyakan tanaman pisang Cavendish tidak jauh berbeda dengan jenis pisang konsumsi pada umumya, perbanyakan pisang Cavendish dapat diperbanyak dengan cara vegetative yaitu; mengambil bagian tertentu dari indukan berupa tunas-tunas anakan.

Tahapan Perbanyakan Pisang Cavendish

Semoga dengan adanya ulasan tersebut mengenai Peluang Usaha Perbanyakan Pisang Cavendish dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya,, sampai jumpa dipostingan berikutnya. 

Baca Juga:



Label: